Haji Mabrur Atau Haji Mabur

October262012
Huft gag terasa ya udah lebaran haji lagi ternyata.. Hari demi hari berlalu seiring waktu tinggalah kita yang semakin menua dan bertambah dosa

Satu hal yang pasti dalam idul adha ini pastinya ada secercah harapan bagi kita umat Muhammad yaitu kapan kita bisa menyempurnakan rukun islam kita dengan ibadah haji ke Baitulloh.. Akan tetapi melaksanakannya harus pure ibadah karena Alloh bukan sekedar mengejar titel keagamaan yang tidak pantas untuk di banggakan

Sering dalam kehidupan bermasyarakat saya menemui orang orang yang malah menyombongkan dirinya dengan titel haji yang telah ia laksanakan bukankah itu termasuk riya???? kalo di sinetron ada haji dua kali lah atau haji triple biggrin yang bermaksud untuk orang tau siapa dia biggrin

Demikian pula di kehidupan nyata ada beberapa yang ga mau disebut nama aslinya karena harus di panggil dengan nama haji padahal kalo menurut saya toh di panggil dengan namanya saja tidak akan melunturkan ibadahnya malah dia terkesan merendah dengan tidak menyombongkan gelar hajinya beliau itu

Gelar haji memang membanggakan karena untuk mencapai itu diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit baik berupa harta tenaga maupun pikiran akan tetapi bukan untuk di banggakan.. Sungguh sangat mubadzir apabila pengorbanan yang segitu banyak dan besarnya harus hilang tergerus dengan dosa dari riya yang bersemayam di hati

Cerminan haji mabrur dan haji mabur itu kalo menurut saya simpel saja yaitu bagaimana kelakuan seseorang itu pasca melaksanakan ibadah haji tersebut apakah menjadi pribadi yang lebih baik atau malah menjadi lebih buruk dan itu sangat jelas dapat dilihat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan

Seseorang yang telah melaksanakan ibadah haji sudah barang tentu akan mempunyai nilai lebih dalam kehidupan bermasyarakat terutama dalam segi keagamaan seperti dipersilahkan menjadi imam, memimpin acara hajatan atau menjadi saksi nikah.. Justru dengan menyandang gelar haji di pundaknya seharusnya membuat kita lebih alim, dan bisa menahan diri dari segala godaan nafsu syaiton.. Seperti banyak cerita udah naik haji ko jadi bandar judi.. biggrin bukankah itu sebagian kecil contoh yang memalukan diri sendiri ditambah dengan gelar sebagai haji

Belum lagi dari segi kedermawanan, kadang banyak yang bilang kok udah naik haji pelitnya makin nambah biggrin kang haji kok ke mesjidnya slalu paling belakang karena merasa sebagai imam dan sholat gag akan di mulai tanpa dia??

Sebenarnya cerita ini hanya sebuah mindset salah dari pribadi seseorang dan mudah mudahan dapat menjadi contoh supaya kita terhindar dari kesia sia an ibadah yang telah kita laksanakan, memang kalo urusan pahala hanya Alloh yang tau tapi bukankah kita sebagai manusia di beri anugrah otak dan pikiran supaya kita bisa menelaah keadaan dan memilah mana yang baik dan yang buruk??

Sesuatu hal yang baik tentunya harus menjadi contoh dan kita laksanakan sebaliknya hal yang buruk cukup menjadi pedoman supaya kita tidak terjerembab terhadap masalah keburukan tersebut

Penutup cerita ini saya tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun dan semoga saya pribadi bisa terhindar dari penyakit hati yang tidak kita sadari menggerogoti kita dan semoga cerita ngawur ini ada manfaatnya
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

40 responses to "Haji Mabrur Atau Haji Mabur"

ALAN ɥɔɐɾɾɐ on 01:08 PM, 26-Oct-12

artikelnya mantapp. . .

naslah enelida on 01:15 PM, 26-Oct-12

Smoga kita bs naik haji & menjadi hj mabrur ya sob

InDIeZ on 01:19 PM, 26-Oct-12

Semoga Saya, Anda dan saudara2 Muslim lainnya bisa terwujud dan mewujudkan Rukun Islam yg ke 5 ini, yaitu Menunaikan Ibadah Haji u/ yg mampu dan Allah Swt mengijinkan, dan menjadi Haji yg Mabrur. Aamiin

Dedy Junkiez ᓵ on 01:25 PM, 26-Oct-12

ane aminin aja doa sobat-sobat yg diatas..
Hehehehee..

Aaaaaammmmiiiiinnn.....

Fadhil SymbianZo on 01:26 PM, 26-Oct-12

ane mau jadi haji mabrur aja dah.. biggrin

visit ☛ http://dhilzlp.heck.in/tema-new-carbon-green-by-daeva112-s60v5s.xhtml

balax-6 on 01:28 PM, 26-Oct-12

Aya oge arana Haji Kabur

Agus Syaefuddin on 02:12 PM, 26-Oct-12

org pergi haji kan naik pesawat, jd kan pesawat mabur tu kang, ea judul pas nih mrgreen ulasan yg berirama kang, enak dibaca

Tumenggung 666™ on 02:13 PM, 26-Oct-12

ah...jaman sekarang haji kan bisa di beli kang, asal kita punya duit, entah duit korupsi, duit judi atau duit apapun, ditambah sedikit niat, semua orang bisa pergi haji.
saya pasti malu di panggil pak haji, kalo kelakuanku masih kayak 'hajingan',.

AKIANG XTGEM on 02:21 PM, 26-Oct-12

nyimak bro

di tunggu kunjung balik nya

fauzans on 02:51 PM, 26-Oct-12

penyakit hati emang penggrogot amal ibadah kita...semoga saudara kita yg menuaikan haji nya sekarang ini semoga diterima amal ibadah nya

ariiq on 03:10 PM, 26-Oct-12

kbnykan haji ngawur kangbiggrin kapan ya gw naik haji..noce post kang

Ŧαđjαя on 03:54 PM, 26-Oct-12

smoga secepatnya kita sgera brgkat menunikan haji.. Amiin.. Nice post gan exclaim

Bung_romli on 03:56 PM, 26-Oct-12

kapan ya, bisa haji smile


Mampir ya
http://wahyusatrio.mywapblog.com/energi-yg-tidak-pernah-hilang.xhtml

Asep Ahya Al'ansori on 04:12 PM, 26-Oct-12

seuseurna mah mabur kang saukur titelmrgreen

Arudi on 04:33 PM, 26-Oct-12

haji mabrur nyate yu biggrin

λλάάη ρέήġκσlάή on 05:12 PM, 26-Oct-12

seu eur na mah maburbiggrin

Safrudin on 06:35 PM, 26-Oct-12

ane pilih yang mabrur aja kang. . Jgn lupa dteng ke wap ane ya arif1993.mywapblog.com/game-s60v3-another-world-gratis.xhtml

Kumprunk on 07:47 PM, 26-Oct-12

kapan yah gan...,
Ane naikin pak haji biggrin

http://gubukderita.mmywapblog.com

Fachmy83 on 08:11 PM, 26-Oct-12

kunjungan malam mas bro,d tnggu ke datanganya di gubuk saya

viroez85 on 08:33 PM, 26-Oct-12

emank kebanyak gtu sob, bhkan kelakuan pun berubah, mungkin dikarnakan mereka terlalu bangga dgn panggilan itu biggrin

Mels Salawasna on 08:35 PM, 26-Oct-12

Kalo haji'a yang 3x itu haji jamal kang... Haji'a 3x biggrin
dan selamat hari raya idul adha adj kang,.. Wilujeung nyate biggrin

Buljam on 11:30 PM, 26-Oct-12

bnyk yg cm sekedar kedok aja. Wilujeng wayah kieu we lur.

BobyPR on 11:47 PM, 26-Oct-12

Semoga kita Naik haji Amin! Jangan lupa mampir ya mas Trinidad. .

karyobubar on 12:43 AM, 27-Oct-12

amin amin,,,semoga sukses

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA on 05:05 AM, 27-Oct-12

Met Malam smile
Mampir Sejenak MengUpdate Berita dari Blog Anda rolleyes
Terimakasih selalu hadir di blog kita
http://roadtohell.mywapblog.com

Lilin Putih Blog on 08:55 AM, 27-Oct-12

Gelar haji hanya sandangan yg diberikan masyarakat kita (kebiasaan turunan), kalau di negeri onta sono noh gak ada yg bergelar haji walaupun dah berhaji puluhan kali

™©"Vivi's"©™ on 12:10 PM, 27-Oct-12

Mt siang mas......hajah mamrur aja lahbiggrinbiggrin

Kolektor Link on 07:09 PM, 27-Oct-12

Betul sekali sob
Seharusnya titel haji harus dibarengi dgn sikap yang terpuji.
Intinya jika sebelum jadi haji ada sifat dan sikap yang buruk seharusnya stlh jdi haji membuang semua sikap dan sifat yg buruk tersebut,bukan malah sebaliknya.
Salam persahabatan sob.
http://hendrydenniez.mywapblog.com

shemut irheng on 11:25 PM, 27-Oct-12

haji kabur

Erieque on 05:47 AM, 28-Oct-12

Akur sob

qHibieL™ on 07:27 AM, 28-Oct-12

maburr... biggrin

Kidz on 06:21 PM, 28-Oct-12

haji kasur wink

Dedy Junkiez ᓵ on 06:44 PM, 28-Oct-12

hadir lagi kang ,, kunjungan malam..
Heheheheee

Atik Avianti on 10:28 PM, 28-Oct-12

Hadir gan, telat! biggrin
jadi ingat Haji Muhidin sama Haji Sulam hehehe
cerita yg seru..lanjuuut wink

daus on 01:31 AM, 29-Oct-12

mantap postny sob.
jngn lupa mampir keblogku sob. dausgrentongers.heck.in

™©"Vivi's"©™ on 09:34 AM, 29-Oct-12

Mas, klo kita mengalami eror di lanjutkan juga eror aja...kita tunggu hari yang akan datang nya.?terus kita bisa di lanjutin.

Dedy Junkiez ᓵ on 11:48 AM, 29-Oct-12

kapan ya ane bisa naek haji...


hhhiikkksss...

sarilah ™ on 01:46 PM, 29-Oct-12

Wah ini cerita bang madit sama bang ali.bahlul ente,kecebong amis.mrgreen cheesy-grin mrgreen

Bill Brownsted on 04:52 PM, 30-Oct-12

kunjungi ya
http://brownsted.heck.in

Dulayex on 11:45 AM, 31-Oct-12

di kampung ane mh kalolobaan na jadi haji mabur. . Pangkat ajah hji ke mesjid jarang hehe. . Ma.af ya pak haji jangan tersinggung he. .

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top